Tuesday, November 22, 2016

Cortana untuk Windows Phone dirilis

Cortana untuk Windows Phone dirilis


Cortana untuk Windows Phone dirilis -, Masih ingat dengan cortana, sang pesaing Siri dan Google Now? Nah, rumor tersebut semakin santer terdengar. Rumor terbaru mengatakan bahwa Cortana akan dirilis pada bulan April tahun ini.

Cortana untuk Windows Phone dirilis
Cortana

Seperti yang telah kita ketahui dari rumor-rumor sebelumnya, bahwa Cortana adalah asisten pribadi mirip dengan Siri yang ditanamkan di iPhone dan iPad atau Google Now yang ditanamkan di platform Android. Cortana juga akan memiliki fitur perintah suara layakknya Siri dan Google Now. Bahkan, Microsoft berani mengklaim bahwa Cortana bisa lebih hebat daripada keduanya.

Cortana, asisten pribadi yang merupakan fitur andalan Windows Phone 8.1 kemungkinan akan diperkenalkan pada bulan April 2014, tepatnya pada acara BUILD Microsoft. Nama Cortana diambil dari salah satu tokoh wanita hologram dalam seri game Halo yang diciptakan untuk menjadi asisten. Menurut Ssalah satu media di Internet, Cortana akan memakai jasa suara dari suara Jen Taylor yang juga sebagai pengisi suara Cortana di games populer Xbox Halo. Dengan dipilihnya Jen Taylor, tentu saja harapan dari para penggemar Xbox terwujud, karena mereka menginginkan Cortana dan pengisi suaranya bukan hanya menjadi asisten dalam game Halo, namun juga menjadi asisten pribadi pada Windows Phone mereka.

Kemungkinan seperti pada layanan Microsoft lainnya, Cortana juga akan menyambangi Bing for iPhone pada beberapa bulan kedepan. Kemungkinan besar, perangkat pertama yang akan disuntikan aplikasi ini adalah perangkat mobile yang telah disuntikan OS terbaru, yaitu Windows Phone 8.1. Lalu, akan secara bertahap menyambangi Windows di Tablet, PC, dan perangkat Xbox. 

Menurut beberapa media juga, untuk menjalankan cortana juga tidak terlalu jauh berbeda dengan Siri atau Google Now. Untuk menjalankan Cortana, kita cukup mengucapkan “ Bing Tell Me .....” lalu dengan mengajukan pertanyaan yang ingin diajukan. Contohnya adalah sebagai berikut: 

“Bing Tell Me ..”
“.. will it rain today?”
“.. when’s my next meeting?”
“.. how do I get to the American Airlines Arena?”
“.. will it rain today?”
“.. when’s my next meeting?”
“.. how do I get to the American Airlines Arena?”


Baiklah, apakah Cortana bisa menjadi pesaing serius bagi Siri dan Google Now?

Available link for download