Monday, November 21, 2016

CONTOH RPP KIMIA SMA KELAS 10 SEMESTER 1 BERKARAKTER

CONTOH RPP KIMIA SMA KELAS 10 SEMESTER 1 BERKARAKTER


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA KAE WOHA BIMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : X / 1
Program :
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia.
Kompetensi Dasar : 1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bhor, sifat-sifat unsur massa atom relatif dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya melalui pemahaman konfigurasi elektron.
KKM : 75
Indikator : Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan. Penugasan membaca buku pelajaran dan referensi.
Membandingkan perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan Niels Bhor. Menghasilkan suatu karya baru, baik otentik maupun modifikasi.
Menggunakan perkembangan teori atom untuk menunjukkan sifat masing-masing teori atom. Memanfaatkan media pembelajaran (literatur perkembangan teori atom) yang menumbuhkan keingin tahuan.
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
1. Tujuan Pembelajaran : Melalui diskusi kelompok dan mengkaji literatur, peserta didik mampu menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan, membandingkan perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan Niels Bhor, menggunakan perkembangan teori untuk menunjukkan sifat masing-masing teori atom, menunjukkan perilaku santun dalam berdiskusi.
2. Materi Pokok : Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern.
3. Metode Pembelajaran :
Diskusi
Tanya Jawab
4. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 45 menit)
a. Pendahuluan (± 10  menit)
Guru mengkondisikan siswa siap belajar (mengucapkan salam dan berdoa sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mengecek keadaan dan memulai pelajaran)
Guru mengecek kehadiran kehadiran siswa
Guru menyiapkan media dan sumber belajar 
Guru memberikan apersepsi
Guru memaparkan tujuan dan materi pembelajaran
b. Inti (± 70  menit)
Melakukan diskusi kelompok (4-5 orang) untuk mengkaji literatur yang berkaitan dengan kegiatan menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan, membandingkan perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan Niels Bhor, menggunakan perkembangan teori untuk menunjukkan sifat masing-masing teori atom, menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur berdasarkan  hasil kegiatan.
Bersikap santun dan demokratis dalam diskusi kelompok (seperti : menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi).
Perwakilan kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain.
Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan demokratis melalui argumentasi untuk mempertahankan  hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi dari guru berupa penguatan hasil diskusi kelompok.
c. Akhir (± 10  menit)
Membuat rangkuman hasil diskusi kelas dengan memperhatikan masukan konfirmasi dari guru.
Penilaian proses untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
Pemberian tugas (KMTT) : secara berpasangan (4-5 orang) dirumah membuat resume.
Guru memberikan post tes
Guru memimpin doa untuk menutup pelajaran.
5. Sumber / Bahan / Alat : a. Sumber :
1. Buku paket Kimia X, Erlangga, Michael Purba, Tahun 2006.
2. Buku paket Kimia X, Yudhistira, Muchtariadi dan Sandri Justiana, Tahun 2007.
3. Buku paket Kimia X, Sic, Crys Fajar Partana dan Antuni Wiyarsi, Tahun 2007.
Tabel Periodik
b. Bahan :  -  Lembar Kerja.
6. Penilaian :
a. Jenis Tagihan : Tugas Kelompok, Kuis dan Ulangan.
b. Teknik : Tes tertulis.
c. Bentuk Instrumen : Isian (Essai), Lembaran Pengamatan, Penilaian Sikap/Perilaku Afektif.
d.  Format pengamatan nilai-nilai karakter (Terlampir)
Soal / Tugas :
1. Tuliskan 3 teori atom Dalton yang hingga kini dapat diterima.
2. Apakah yang Anda ketahui dari :
a. Inti Atom
b. Kulit Atom
c. Jari-jari Atom.
3. Buatlah gambar skematis untuk menyatakan perkembangan model atom mulai dari model atom Dalton hingga model atom Niels Bhor.
Pedoman Penilaian :
Kriteria Jawaban / Aspek Yang Dinilai :
NO ASPEK YANG DINILAI DESKRIPTOR SKOR
1. Siswa mengetahuai teori atom Dalton. a. Benar   15
  b. Setengah benar 10
  c.  Salah   5
2. Siswa dapat mengetahui apa itu inti atom, kulit atom dan jari-jari atom. a. Benar   15
  b. Setengah benar 10
              c.  Salah   5
3. Siswa dapat menggambar skematis perkembangan model atom dari Dalton hingga Niels Bhor. a. Benar   25
 

Available link for download